Bentrokan Maut Mesir, Ratusan Orang Meninggal

130727073126_kairo_512x288_afp_nocredit

Mosleminfo, Kairo – Lebih dari 100 orang dilaporkan tewas saat pendukung Presiden Mesir Mohammed Morsi menggelar aksi protes di Kairo. Seorang dokter di rumah sakit lapangan dekat dengan lokasi protes menambahkan bahwa lebih dari 1.000 orang terluka.

Bentrokan terjadi antara massa pendukung dan anti Morsi yang telah menggelar aksi besar sepanjang malam. Ribuan orang di Lapangan Tahrir merupakan massa yang didukung oleh militer yang menggulingkan Morsi dari kursi kepresidenan awal bulan ini.

Panglima militer Jenderal Abdel Fattah al-Sisi sebelumnya juga meminta warga untuk turun ke jalan memberikan mandat bagi militer atas intervensi politik yang dilakukan.

Sebelumnya pada Sabtu pagi waktu setempat, Menteri Dalam Negeri Mohammed Ibrahim berjanji untuk mengakhiri aksi duduk di mesjid. Dia mengatakan warga sekitar mengeluhkan perkemahan yang dibangun di kawasan sekitar dan mengatakan aksi protes akan ”segera berakhir dan dalam cara yang sah.”

Tetapi, tidak jelas apakah bentrokan terbaru di sekitar mesjid menggambarkan upaya terpadu dari pasukan keamanan untuk membersihkan kawasan tersebut.

Namun, Juru bicara Ikhwanul Muslimin Gehad el-Haddad kepada kantor berita Reuters mengatakan: “Mereka menembak bukan untuk melukai, mereka menembak untuk membunuh.”

Kekerasan juga berlangsung di kota terbesar kedua Mesir, Alexandria, dimana sedikitnya 10 orang tewas akibat bentrokan dua kubu yang bertikai. Sejak Morsi, presiden terpilih pertama secara demokratis, digulingkan 3 Juli, banyak orang yang tewas akibat aksi protes yang berakhir dengan kekerasan.

Morsi kini secara resmi dituduh berkonspirasi dengan kelompok militan Palestina Hamas, yang memerintah jalur Gaza dan dikenal dekat dengan Ikhwanul Muslimin. Dia diduga terlibat dalam serangan penjara tahun 2011 saat aksi penggulingan Presiden Hosni Mubarak.

Morsi dan sejumlah pemimpin Ikhwanul Muslimin saat itu dibebaskan ketika penjara Kairo dijebol Januari 2011 silam. Hakim memerintahkan Morsi untuk diperiksa selama 15 hari.

Perintah yang dikeluarkan Jumat kemarin adalah pernyataan resmi pertama terkait status Morsi sejak dia digulingkan dan ditahan di lokasi yang dirahasiakan. (BBC/MIM)

alterntif text

25 Responses to "Bentrokan Maut Mesir, Ratusan Orang Meninggal"

  1. azaxs  29/07/2013 at 07:06

    IM adalah firqoh, islamis tidak hanya IM, konflik yg berlangsung sebenarnya antara IM dengan Militer, lebih bijak menghindari pertumpahan darah yg lebih besar, daripada terjadi perang saudara lebih besar.

    Semoga Mursi lebih bijak, menyeru pendukungnya untuk mundur, daripada semakin parah kondisi disana..

    Reply
    • Ghozi  29/07/2013 at 10:52

      Seruan yg bagus, jika diutarakan sejak 3-4 bulan yg lalu.

      Reply
      • azaxs  29/07/2013 at 14:53

        apakah harus nunggu besok, lusa, minggu depan, semakin banyak korban yg meninggal… dan mesir pecah perang saudara lebih besar? sama-sama hancur

        Reply
        • Ghozi  29/07/2013 at 14:57

          Jadi, kenapa harus menunggu sekarang? Kenapa tidak sejak 3-4 bulan yg lalu?

          Reply
          • azaxs  29/07/2013 at 22:57

            3-4 bulan lalu? ketika Mursi masih menjabat sebagai presiden?
            menyeru pendukung mursi untuk mundur? atau demonstran anti mursi untuk mundur?

            kita orang indonesia, bukan orang mesir.. warga mesir tau apa yg mereka rasakan, kalau anda seorang pendukung IM, yang anda rasakan hanyalah perasaan IM bukan warga mesir..

            dan fakta, 20 jta tandatangan adalah jumlah yg besar.. apalagi dalam pemilihan presiden kemarin, total suara yg masuk tidak lebih dari separo warga mesir..

            kembali ke topik, jika saja kedua fihak tetap berhadapan dengan frontal, berapa ribu lagi korban yg berjatuhan… kedua pihak sama2 biadab.. tentara mmbunuh (meski dengan dalih menyelesaikan demo) sedang Mursi dan IM juga biadab, menyeru pendukung mereka untuk terus melawan.. sama saja dengan membunuh pendukung mereka sendiri..

            untuk saat ini lebih baik IM mundur.. untuk menghindari kehancuran yg lebih besaar..

            lebih baik kita jauhi fitnah..

            walahua’lam bisshawab

          • paijo  30/07/2013 at 04:16

            mantab mas

          • azaxs  30/07/2013 at 10:35

            terimakasih mas

          • Ghozi  30/07/2013 at 08:18

            Sejak 3-4 bulan yg lalu yg jadi korbanpun mayoritas adalah pendukung mursi.

            Baru bersuara sekarang termasuk fitnah juga.

          • azaxs  30/07/2013 at 10:34

            3-4 bulan lalu korban dari mursi? bukankah mursi presiden? bahkan IM sempat mengancam demo 31 juni…

            baru bersuara sekarang termasuk fitnah juga? lucu anda ini mas..

            kalaupun anda memilih frontal silahkan terjun ke lapangan, jangan hanya memanasi lewat media..banyak diantara mereka tertembak, sedang anda dengan santai bisa komen di disqus..

            saya skedar mengutarakan isi hati saya..miris melihat korban berjatuhan sekian banyak.. mereka sama2 saudara muslim juga..

          • Ghozi  30/07/2013 at 10:43

            Baru bersuara sekarang, dan ditujukan kepada korban yg bukan pelaku kekerasan.

            Lakukan sejak 3-4 bulan yg lalu, serukan kepada pelaku kekerasan, lakukan berkali2, barulah menyuruh korban menahan diri.

            Menahan diri juga akan menimbulkan bencana yg tidak kalah besar dari sisi korban jiwa. Sejarah sudah membuktikannya.

            Korban yg sekarang juga sudah menahan diri sejak lama.

          • azaxs  30/07/2013 at 11:07

            demi menghindari kerusuhan lebih besar..

            apa yg anda ketahui 3-4 bulan lalu? dan apa juga yang anda lakukan 3-4 bulan lalu? saya yakin tidak ada.. bahkan mungkin anda baru2 ini saja mengamati mesir, setelh ramainya media memberitakan..

            demo adalah hal biasa.. bukankah PKS juga senang bedemo? IM juga berdemo? namun situasi berbeda.. dan rakyat mesir lebih tau apa yg mereka inginkan daripada saya dan anda.. saya dan anda hanya mengetahui lewat media… jadi lebih baik kita menjauhi fitnah..

            Menahan diri juga akan menimbulkan bencana yg tidak kalah besar adalah asumsi anda.. tentara bertindak represif, karena demo yg tidak kunjung usai.. tentara dan pemerintah sudah mengultimatum.. tetap pendemo tidak bergeming.. jika saja sejak awal pendemo mundur, dan bersabar menunggu pemilu yg sedang diagendakan, pasti situasi akan berbeda..

            silahkan telaah dulu situasi ini, bukan hanya saat tentara mesir membubarkan paksa demo, namun juga kejadian-kejadian sebelumnya.. termasuk beberapa blunder Mursi sehingga melemahkan legitimasi serta berujung kudeta..

          • Aminudin Aziz  31/07/2013 at 04:53

            Anda dapat berdebat mana yg benar dan salah. tapi jelas yg jadi korban adalah rakyat Mesir. yg memerintahkan utk mati syahid dan menmbak sama2 gila.
            selama tidak ada yg bisa menjembatani IM dan kedua belah pihak, perang saudara akan terus berlanjut.
            Ada yg bilang, penyelesaiannya mau cara Shakespeare atau Chekov.
            Shakespeare dalam Hamlet, semua tokoh mati. Dalam Chekov, kedua kubu berdamai meski menyisakan ketidakpuasan dalam hati.

          • azaxs  31/07/2013 at 07:22

            maaf.. saya tidak berdebat mana yg salah dan benar, dan sangat tidak etis berdebat ditengah suasana seperti ini.. hanya saja, saran agar IM mundur dari lapangan frontal, saat ini bisa jadi cara paling relevan untuk menghindari konflik lebih besar..

            sepakat dengan anda, semua sama2 gila.. dan semoga saja mereka memilih penyelesaian chekov.. damai akan lebih indah..

            semoga kekerasan ini segera usai dan mesir bangkit kembali..

          • Ghozi  01/08/2013 at 14:13

            “apa yg anda ketahui 3-4 bulan lalu? dan apa juga yang anda lakukan
            3-4 bulan lalu? saya yakin tidak ada.. bahkan mungkin anda baru2 ini
            saja mengamati mesir, setelh ramainya media memberitakan..

            demo adalah hal biasa.. bukankah PKS juga senang bedemo?”

            Sok tahu banget, karena itu saya selesai sampai disini.

          • hidayatulloh  02/08/2013 at 04:41

            sok tahu? anda sendiri bagaimana, knapa mengejar waktu yg telah berlalu.. masa depan mesir dan islam ada didepan.. bukan kembali kebelakang.. lebih bijaklah berkomentar.. didpan mata mesir bakal terjadi pelang saudara, jika membahas kembali kebelakang tidak ada gunanya.

            mohon maa, cukup debat kusir ini sampai disini. nabi tidak menyukai orang debat apalagi demi firgqohnya..

            wallahua’lam bisshawab

          • Ghozi  20/08/2013 at 09:10

            Alhamdulillah, telah semakin terang benderang perilaku musuh2 Allah dari kalangan munafiqin-sekuleris-liberalis dan rofidhoh. Rofidhoh, walaupun menyusup ke sekuleris liberalis sekalipun, mau pakai taqiyyah apapun, tetap nyata anyir dan amisnya.

          • hidayatulloh  22/08/2013 at 18:57

            innalillahi, jika dakwah seperti ini, islam akan hancur..

            tahu apa anda tentang saya? anda mencap saya munafiqin-sekuleris-liberalis dan rofidhoh, taqiyyah?

            afwan, sudah terang benderang fitnah dan tuduhan anda, padahal Allah maha tahu, dan saya sama sekali tidak tersentuh oleh syiah..

            sangat terang benderang cara dakwah anda dan teman2 golongan anda.. dakwah yang ngawur.. alih2 anda mengislamkan orang kafir, justru anda mengkafirkan sesama orang islam..

            semoga Allah mengampuni anda

          • Ghozi  28/08/2013 at 09:46

            Ngerasa ya. Tetap anyir dan amis.

          • hidayatulloh  28/08/2013 at 14:38

            hehehe.. anda itu aneh.. jelas anda feedback komentar saya, bukan berarti saya merasa seperti apa yang anda tuduhkan, namun jelas anda telah memfitnah..ckckck

          • Ghozi  30/08/2013 at 08:05

            Tetap anyir dan amis.

    • www.mosleminfo.com  29/07/2013 at 10:57

      klo mursi mundur, israel dan barat senang.. perbatasan palestina dan mesir gerbang rafah di tutup selamanya..
      g tutup kemungkinan setiap pemilu klo partai islam yg menang langsung di kudeta lgi

      Reply
      • azaxs  29/07/2013 at 15:13

        kalau mursi tidak mundur, berapa ribu, berapa juta orang akan meninggal? bukan msalah israel dan barat senang, ini tentang nyawa.. bukannya anda juga meihat kekuatan tidak berimbang antara tentara dan pendemo, jika diteruskan namanya bunuh diri..
        bukankan selama mursi menjabat, terowongan2 gaza juga dihancurkan dan akses ditutup? gerbang rafah ditutup karena menghindari asing masuk ke mesir, sehingga mesir bertambah runyam..
        gak tutup kemungkinan juga jika mursi tetap memaksa maka akan terjadi perang saudara yg lebih besar.. toh islamis tidak hanya IM, dan sejak Mursi menjadi presiden, IM selalu berselisih pendapat dengan militer..

        wallahua’lam bisshawab

        Reply
  2. www.mosleminfo.com  29/07/2013 at 08:20

    http://www.youtube.com/watch?v=nK8i_6FG75k

    Reply
    • azaxs  29/07/2013 at 15:26

      keji, sangat keji…
      Mursi dan IM juga keji membiarkan pendukung mereka satu persatu meninggal dibantai rezim…
      sama-sama keji..
      IM harus mundur untuk menghindari korban lebih banyak..

      Reply
    • Say No To PKS  29/07/2013 at 21:18

      http://www.youtube.com/watch?v=-sgUl8YwZIY

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.