Memiliki hewan peliharaan menjadi hobi bagi sebagian kalangan, seperti yang kini dijalani bintang iklan sekaligus pengusaha muda Klaviera Vinezia Stephanie. Hewan yang dipeliharanya adalah doggy. Diakuinya, dirinya sudah tertarik dengan doggy sejak kelas 4 SD. Meski awalnya hanya iseng, ternyata hal tersebut menjadi hobi dan telah mendarah daging hingga sekarang. Klaviera mengatakan, saat ini ia merawat empat jenis doggy seharga ratusan juta rupiah. Tiga jenis pomeranian dan satu jenis alaskan malamute.

"Waktu itu saya belinya di salah satu kennel ternama di Bandung," cerita dia. Ia melanjutkan, tertarik dengan doggy tersebut lantaran memiliki sejumlah keistimewaan. "Doggy saya turunan champion. Dari kakek neneknya, ibu dan bapaknya sering memenangkan perlombaan," ungkapnya.

Dalam waktu dekat, doggy nya pun akan diikutsertakan dalam sebuah perlombaan. Bahkan, secara khusus ia juga menyiapkan pelatih yang bagus dan berpengalaman, hingga pemberian makanan dan vitamin yang mendukung pertumbuhan dan tulangnya. Sebagai penyayang hewan, dirinya membiasakan untuk merawat hewan peliharaannya dengan grooming setiap minggu. "Penting untuk memberi asupan makanan & vitamin yang bergizi. Saya ada asisten pengasuh doggy pribadi, jadi kalau saya tidak sedang di rumah, assisten saya yang meng handle," ungkapnya. Tips sederhana lainnya dalam merawat hewan peliharaan, yang dilakukan Klaviera adalah dengan membersihkan kamar, kandang, hingga tempat tidur. "Jangan sampai lembab supaya terhindar dari jamur. Untuk beberapa jenis doggy, bahkan harus dengan AC 24 jam non stop. Selain itu, harus dijemur tiap pagi dan jangan telat vaksin."

Selain doggy, Klaviera juga pada dasarnya menyukai semua hewan. Bahkan, sebelumnya dirinya pernah memelihara 12 ekor ular, kelinci, guinea pig, kucing, dan lainnya. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.