Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima kunjungan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Gubernur Papua Lukas Enembe di kediaman dinasnya, Rabu (24/2/2021). Pertemuan selama 30 menit itu diketahui membahas sejumlah hal, di antaranya soal rencana Wapres Ma'ruf berkunjung ke Papua. "Gubernur mengundang Wapres kapan ke Papua, terus Wapres menjawab memang sudah bersiap untuk ke Papua, tapi kan segala sesuatunya harus disiapkan," kata Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi saat dikonfirmasi.

Masduki menambahkan bahwa pemerintah pusat berkomitmen kuat untuk perlindungan pemberdayaan keberpihakan dan percepatan untuk menyejahterakan masyarakat Papua. "Itu komitmennya pemerintah pusat yang disampaikan Wapres karena Wapres yang ditunjuk Presiden sebagai ketua tim Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat," katanya. Wapres sempat menyebut bahwa pendekatan untuk masyarakat Papua sebaiknya menggunakan pendekatan adat dan agama.

"Ya pendekatan berbasis wilayah adat dan pendekatan tokoh keagamaan itu disambut baik oleh gubernur papua," katanya. Masduki sendiri belum bisa memastikan kapan Wapres akan melawat ke Papua. Kondisi dan situasi masih dilihat ihwal tersebut. "Masih dilihat situasi kondisinya dan terutama berkaitan dengan kesiapan kita terkait perencanaan keuangannya supaya sudah matang. supaya bisa dieksekusi pas kita ke sana," pungkas Masduki.