Membaca surat Yasin bisa dijadikan sebagai rutinitas sehari-hari. Ternyata ada banyak keutamaan yang bisa dirasakan dari amalan membaca surat ini. Keutamaan surat Yasin terutama akan menjadi tabungan bagi manusia dalam menjalani kehidupan di akhirat kelak.

Membaca Surat Yasin

Amalan membaca surat Yasin bisa mendatangkan banyak keberkahan bagi umat Islam. Yasin bisa dibaca setiap hari sebagai bagian rutinitas sebelum maupun sesudah beraktivitas. Berikut adalah 4 keutamaan membaca surat Yasin bagi kehidupan manusia di akhirat:

1.     Mendapat Ampunan Dosa

Manusia tidak bisa luput dari dosa. Itulah mengapa manusia harus selalu memohon ampunan atas semua dosa yang dilakukan. Ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan juga bisa didapat dengan amalan membaca surat Yasin. Tentu juga harus disertai dengan istighfar dan ketulusan hati untuk memohon ampunan dari Allah.

2.     Meninggal Dalam Keadaan Syahid

Menurut Riwayat At-Thabrani, disebutkan bahwa orang yang membaca Yasin secara rutin setiap malam maka akan dianggap meninggal dalam kondisi syahid. Ini merupakan impian bagi semua umat Islam, meninggal dalam keadaan suci dan dianggap syahid. Hanya orang-orang terpilihlah yang bisa meninggal dalam kondisi seperti ini.

3.     Menghindarkan dari Siksa Kubur

Keutamaan surat Yasin bagi kehidupan manusia di akhirat selanjutnya adalah menghindarkan diri dari siksa kubur. Kehidupan di akhirat setelah kematian adalah nyata. Siksa kubur menjadi salah satu bagian dari kehidupan tersebut. Mereka yang rutin membaca surat Yasin, diyakini akan mendapatkan keringanan siksa kubur di akhirat nanti.

4.     Mendapat Pahala Berlipat

Membaca ayat-ayat suci Al Quran akan mendatangkan banyak pahala bagi manusia. Menabung pahala akan memberikan kenikmatan di akhirat nanti. Banyak amalan yang bisa menjadi sumber pahala dan salah satunya adalah membaca surat Yasin sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari.

 

Itulah 4 keutamaan surat Yasin bagi kehidupan manusia di akhirat nanti. Amalan ini tidak hanya memberikan berkah bagi kehidupan dunia namun juga akhirat. Kini Anda sudah tahu betapa amalan membaca Yasin begitu bermanfaat. Tak ada salahnya untuk mulai membiasakan diri dari sekarang membaca Yasin secara rutin.