Ole Gunnar Solskjaer mengakui bahwa dirinya tak bisa menutupi kebahagiaannya usai Manchester United susah payah meraih kemenangan atas Burnley. Laga tunda Liga Inggris pekan perdana antara Burnley vs Manchester United berakhir lewat kedudukan 0 1, Rabu (13/1/2021) Satu satunya gol yang tercipta di laga tersebut dilesakkan oleh Paul Pogba (77').

Manchester United susah payah meraih tiga poin, di mana sukses menghantarkan Setan Merah ke puncak klasemen Liga Inggris. Tambahan poin penuh yang diraih pasukan Ole Gunnar Solskjaer membuat mereka kini mengoleksi 36 poin Manchester United sukses menggusur Liverpool yang kini membubuhkan 33 angka dari 17 laga.

Secara garis besar permainan, Manchester United memang menang susah payah atas Burnley. Bagaimana tidak, tercatat mereka mampu menguasai jalannya pertandingan hingga 63 persen. Untuk urusan intensitas serangan pun, Manchester United jauh lebih dominan.

Di mana mereka mampu melakukan 13 upaya shot, di mana tujuh antaranya on target. Namun kembali lagi, dari serangkaian upaya Manchester United, Paul Pogba sukses membantu timnya meraih tiga poin. "Tiga poin yang tim ini raih membuat kami tersenyum bahagia. Itu adalah tiga poin yang diperjuangkan dengan keras, itu selalu di sini," terang Solskjaer seperti yang dikutip dari laman .

Ole Gunnar Solskjaer pun mengakui bahwa Burnley memberikan perlawanan yang sengit pada timnya untuk memastikan tiga angka. "Burnley terorganisir dengan sangat baik dan tidak ada banyak ruang tetapi kami melihat beberapa di antaranya." "Kami bisa saja memiliki lebih banyak untuk menenangkan saraf tetapi kami melakukannya dengan cara yang sulit."

Burnley 0 1 Manchester United Sheffield United 1 0 Newcastle United Wolves 1 2 Everton

Kedua tim memulai laga dengan tempo sedang. Hingga menit ke 10, bola masih berkutat di lini tengah. Baik Burnley dan Manchester United masih mencoba memenangkan duel di lini tersebut.

Setelah menit ke 15, Manchester United mencoba mendominasi penguasaan bola. Operan pendek kaki ke kaki menjadi andalan Bruno Fernandes dkk dalam membangun serangan ke gawang Burnley. Namun, upaya Setan Merah sering berakhir di kaki bek lawan.

Pada menit ke 16, Manchester United memperoleh peluang pertama dari usaha Bruno Fernandes. Pemain asal Portugal itu melepaskan tendangan sedikit dari luar kotak penalti The Clarets, julukan Burnley. Sayangnya, tendangan mantan pemain Sporting Lisbon itu masih bisa dibaca dan ditahan Nick Pope.

Menit ke 19, Anthony Martial memiliki peluang memanfaatkan umpan dari Bruno Fernandes. Tendangan gunting yang dilepaskan pemain asal Prancis itu masih membentur bek Burnley. Burnley memperoleh peluang pada menit ke 21.

Berawal dari Bruno Fernandes yang kehilangan bola di area sendiri, para pemain The Clarets mencoba kesalahan itu. Namun, upaya tendangan dari Chris Wood masih bisa diblok Eric Bailly. Memasuki menit ke 25, Martial kembali mendapat peluang emas. Nemanja Matic menemukan posisi Martial yang berhadapan satu lawan satu dengan bek lawan.

Pemain asal Prancis itu pun melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang masih melenceng di sisi kanan Nick Pope. Peluang emas itu pun terbuang percuma dan skor masih imbang 0 0. Pertandingan sempat terhenti selama lima menit untuk meninjau pelanggaran yang dilakukan Luke Shaw dan Robbie Brady.

VAR akhirnya menunjukkan Shaw yang melakukan pelanggaran terlebih dahulu, dan sang bek sayap asal Inggris itu menerima hukuman kartu kuning. Pada menit ke 35, Manchester United berhasil mencetak gol melalui sundulan Harry Maguire. Sayangnya, gol itu harus dianulir wasit Kevin Friend karena Maguire melakukan pelanggaran terlebih dahulu.

Skor kacamata belum berubah memasuki menit ke 38. Mendekati menit ke 45, Anthony Martial berinisiatif melakukan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, kiper Burnley, Nick Pope mampu membaca niat pemain asal Prancis itu dengan menepisnya ke arah kiri.

Manchester United pun memperoleh sepak pojok. Setelah itu, kedua tim tak mampu membuat peluang matang. Skor imbang 0 0 menjadi penanda berakhirnya babak pertama.

Di babak kedua, Ole Gunnar Solskjaer nampaknya menginstruksikan anak asuhnya untuk lebih berani kelaur menyerang. Hal itu ditandai dengan didorongnya Paul Pogba untuk maju mendekati dan sesekali masuk hingga kotak penalti lawan. Memasuki menit ke 60, Manchester United masih mengalami kebuntuan untuk membongkar pertahanan Burnley.

Punggawa Setan Merah mulai melepaskan tendangan dari luar kotak penalti sebagai variasi serangan. Namun, Nick Pope masih sigap menggagalkan tendangan tendangan dari Bruno Fernandes dkk. Hingga menit ke 70, Manchester United benar benar mendominasi jalannya babak kedua.

Marcus Rashford, Edinson Cavani, dan Bruno Fernandes silih berganti mengancam Burnley lewat berbagai upaya. Sayangnya upaya punggawa Setan Merah belum membuahkan hasil. Upaya tak kenal lelah Manchester United untuk mencari gol pembuka akhirnya terbayar di menit ke 71.

Paul Pogba menerima umpan silang akurat dari Marcus Rashford dari sisi kanan penyerangan Setan Merah. Pogba yang berdiri tak terkawal di depan kotak penalti Burnley melepaskan tendangan voli yang membentur seorang bek The Clarets. Laju bola tak bisa dihentikan Nick Pope, dan skor pun berubah menjadi 0 1 bagi keunggulan Manchester United.

Skor 0 1 bertahan hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan.