Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability). Dia menerangkan protokol CHSE dapat membantu meringankan beban tenaga kesehatan (nakes) yang berjuang di garda terdepan menangani pandemi Covid 19. "Karena kita ketahui, para nakes sangat lelah. Jadi alangkah baiknya juga pelaku usaha lain tentunya menerapkan protokol kesehatan yang berbasis pada CHSE," terang Sandiaga saat mengajak puluhan nakes berwisata singkat ke Faunaland Ancol, Jakarta Utara, Rabu (10/2/2021).

Menparekraf menerangkan kegiatan mengajak nakes bertamasya adalah untuk mengurangi beban mereka yang amat berat. Mantan Wakil Gubernur DKI ini memahami perjuangan insan medis dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia tanpa mengenal waktu bahkan tidak jarang harus berpisah sementara waktu dengan keluarga. "Waktu saya dengar nakes sudah banyak yang amat lelah, bahkan Ketua Satgas Penanganan Covid 19/Ketua BNPB Doni Monardo bercerita mereka berjam jam pakai APD (alat pelindung diri). Saya berpikir mereka perlu sekali kali buat refresing dan lepas kepenatan. Saya harap ini bisa melepas rasa lelah itu," ucapnya.

Pria yang akrab disapa Bang Sandi ini juga menyampaikan terima kasih setinggi tingginya untuk para nakes di mana saat ini seluruh masyarakat Indonesia berhutang budi dengan jasa jasa nakes. Menparekraf meyakini melalui semangat kebersamaan pandemi Covid 19 akan cepat berlalu sehingga beban tenaga medis juga berkurang. "Saya tahu perjuangan belum selesai tapi mari kita sejak beristirahat. Kita bangkitkan pariwisata dengan protokol kesehatan ketat dan disiplin. Kita bantu nakes berjuang melawan Covid 19. Saya yakin kita bisa melewati ini bersama," tuntasnya.