Contoh Investasi Kecil-Kecilan yang Bisa Dimulai Oleh Pemula

Apakah Anda masih mahasiswa? Karyawan? Atau ibu muda? Mau dapat penghasilan tambahan tapi bingung mau ngapain? Salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan adalah dengan melakukan investasi kecil-kecilan. Investasi ini membutuhkan modal kecil dengan resiko minimal dan cocok untuk pemula.

Banyak orang beranggapan bahwa berinvestasi membutuhkan modal yang besar, sehingga banyak orang yang berkeberatan untuk berinvestasi. Padahal, investasi sangat penting terutama bagi Anda yang masih berusia muda.

Mengapa Investasi Itu Penting?

Ada beberapa alasan mengapa investasi itu penting. Inilah alasannya:

Meningkatkan Nilai Uang

Banyak orang memilih untuk menabung uang mereka daripada berinvestasi. Padahal, dibandingkan menabung, berinvestasi lebih menguntungkan. Saat Anda menabung, tabungan Anda akan terkuras oleh biaya administrasi. Sedangkan jika Anda berinvestasi, uang yang Anda tanam akan terus bertambah.

Mendapatkan Passive Income

Tujuan orang berinvestasi adalah untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan, meskipun itu investasi saham kecil. Nominalnya bisa kamu sesuaikan sendiri dengan kemampuan kamu. Semakin Anda memahami investasi, Anda akan semakin tertarik untuk berinvestasi dalam jumlah besar.

Mempersiapkan Masa Depan

Tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan masa depan dari sekarang. Karena lama kelamaan kamu akan mengalami masa dimana kamu sudah tidak produktif lagi. Dengan memulai berinvestasi di usia muda, Anda akan mendapatkan kemudahan di masa depan.

Memiliki Kebebasan Finansial

Poin ini pasti menjadi impian hampir semua orang. Namun tentu saja tidak mudah untuk mencapainya. Apalagi jika hanya mengandalkan satu penghasilan. Salah satu cara untuk mendapatkan kebebasan finansial adalah dengan mengembangkan dana melalui platform investasi yang ada.

Pilihan Investasi Kecil-Kecilan untuk Pemula

Setelah mengetahui pentingnya investasi, ada beberapa pilihan investasi kecil yang bisa Anda coba.

Berikut adalah Contoh Investasi kecil-kecilan yang bisa dimulai oleh Pemula:

Investasi Reksa Dana

Reksa dana menjadi investasi yang cukup populer sepanjang tahun. Tidak hanya cocok untuk pemula, Anda akan belajar dan mengenal lebih jauh dunia saham, obligasi, dan instrumen investasi lainnya.

Investasi Emas

Pilihan investasi selanjutnya adalah investasi emas. Emas juga bisa dikatakan sangat cocok untuk pemula karena memiliki tingkat inflasi yang relatif lebih rendah. Keunggulan lainnya adalah emas memiliki sifat likuid yang artinya dapat diperjualbelikan dengan mudah. Proses jual beli dapat berlangsung dengan cepat. Keuntungan yang mungkin Anda dapatkan dari berinvestasi emas adalah sekitar 2-4% per tahun.

Investasi Deposito

Investasi deposito bisa menjadi pilihan investasi kecil-kecilan bagi mahasiswa. Sebab, investasi ini memiliki tingkat risiko yang rendah, dan sangat aman. Kenapa begitu? Sebab, dana yang Anda simpan dalam bentuk deposito akan disimpan di bank sebagai bagian dari produk keuangan yang ditawarkan.

Investasi P2P Lending

Peer-to-Peer Lending merupakan salah satu instrumen investasi yang saat ini sedang tren. Meskipun mempunyai modal kecil, Anda sudah bisa untuk berinvestasi. Cara kerjanya adalah dengan mengumpulkan uang dalam wadah resmi, kemudian dikelola dan dibagikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan modal. Biasanya sasarannya adalah para pelaku usaha UMKM. Salah satu penyedia Peer to Peer Lending di indonesia yang terpercaya adalah Akseleran.

Trading Saham

Jika Anda ingin mencari investasi dengan keuntungan besar, trading saham bisa menjadi pilihan. Namun risiko yang akan Anda dapatkan juga sebanding. Dalam perdagangan saham, Anda akan membeli dan menjual saham yang harganya sangat fluktuatif karena dapat berubah dengan cepat.

Aset Kripto

Saat ini, berinvestasi di cryptocurrency atau mata uang kripto sedang digandrungi oleh investor muda. Sebab, banyak juga tokoh terkenal yang turut mempopulerkan. Selain dianggap lebih modern dan cepat dihasilkan, investasi kripto juga bisa memberikan banyak keuntungan. Investasi mata uang kripto juga bisa dilakukan dengan modal rendah, mulai dari Rp10.000. Namun, perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis cryptocurrency.

Setiap cryptocurrency memiliki kelebihan dan kekurangan. Setiap jenis cryptocurrency memiliki harga minimum pembelian yang berbeda. Investor pemula harus mempelajari dan mengamati jenis investasi ini secara detail. Investor juga harus memeriksa harga cryptocurrency sebelum melakukan transaksi.

Itulah ulasan tentang Contoh Investasi kecil-kecilan yang bisa dimulai oleh pemula. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.