Pembangunan rumah sudah pasti akan membutuhkan biaya dan persiapan biaya ini harus dilakukan sebaik mungkin. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mewujudkan rumah impian dengan bujet terbatas. Bahkan Anda juga bisa menggunakan jasa bangun rumah meskipun ketersediaan dana tidak begitu besar.

Membangun Rumah Bujet Terbatas

Pada dasarnya proses pembangunan akan disesuaikan dengan ketersediaan bujet. Jika dana yang tersedia memang terbatas, artinya Anda harus pandai membuat perencanaan. Berikut adalah 5 tips membangun rumah impian dengan jasa bangun memakai dana yang terbatas:

1.     Pilih Lahan yang Kecil

Agar rumah bisa terwujud meskipun bujet terbatas, maka cobalah untuk memilih lahan yang kecil. Ukuran lahan pasti akan berpengaruh pada jumlah dana yang harus dikeluarkan. Zaman sekarang, lahan kecil pun bisa disulap menjadi rumah yang nyaman. Kecuali jika memang Anda sudah punya lahan dulu dan tinggal membangun rumah.

2.     Maksimalkan Fungsi

Utamakan fungsi dari desain rumah yang akan dibangun. Hindari membuat rumah yang terlalu besar tanpa kejelasan fungsi. Lebih disarankan untuk menerapkan konsep minimalis dan mengoptimalkan fungsi dari setiap ruang yang akan dibuat. Cara ini akan sangat membantu Anda untuk lebih berhemat.

3.     Gunakan Material Lokal

Anda bisa memilih untuk memakai material lokal untuk memperoleh harga yang bersahabat. Meskipun lokal, namun cobalah untuk mencari jenis material yang kualitasnya terjamin. Tetap utamakan kualitas karena biaya yang akan dikeluarkan justru jauh lebih besar jika Anda memilih material murah tanpa kualitas.

4.     Gunakan Konsep Pembangunan Bertahap

Katakan kepada jasa bangun rumah yang Anda gunakan bahwa Anda ingin menjalankan pembangunan bertahap. Artinya, untuk pembangunan pertama Anda hanya ingin membuat ruang-ruang penting dulu. Tujuannya untuk mewujudkan ruang yang bisa ditinggali dengan bujet yang sudah ada terlebih dahulu.

5.     Diskusikan dengan Jasa Bangun

Kunci utama kesuksesan pembangunan rumah adalah diskusi dengan jasa yang Anda pakai. Lebih baik ungkapkan dulu berapa banyak dana yang tersedia untuk pembangunan rumah. Ini akan membantu pihak penyedia jasa untuk merencanakan proyek sesuai ketersediaan bujet.

 

Itulah 5 tips menggunakan jasa bangun rumah dengan bujet terbatas. Sangat disarankan untuk menabung sebanyak mungkin terlebih dahulu sebelum memulai proyek. Jika dirasa sudah mencukupi, segera diskusikan dengan jasa bangun yang akan Anda pakai.