Emiten properti PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) meresmikan The Westin Surabaya, hari Senin (7/12/2020) dan menjadi hotel kedua milik Pakuwon Group yang ada di kawasan Superblok Pakuwon Mall. Direktur dan Corporate Secretary PWON Minarto Basuki mengatakan, sebelumnya perusahaan properti ini sudah membuka kawasan Hotel Four Points pada Desember 2019 dan melengkapi kawasan Superblok Pakuwon Mall di Surabaya. Dia menjelaskan, kawasan The Westin mencapai 16,9 hektare dan saling terintegrasi dengan 185.000 meter persegi ritel mal dan 6 tower apartemen.

"Hotel ini merupakan properti yang dikembangkan PT Pakuwon Permai, anak perusahaan PWON," ungkap Minarto Basuki. Hotel Westin merupakan hotel keempat berbintang 5 dalam portofolio PWON. The Westin juga merupakan kerjasama keenam PWON dengan Marriott Internasional. The Westin memiliki total 204 kamar, yang akan dioperasikan secara bertahap.

Dengan demikian, jumlah kamar di bawah portofolio PWON akan menjadi 2.118 kamar yang terdiri dari enam hotel dan dua service apartment termasuk di dalamnya Hotel Marriott Yogyakarta dengan 347 kamar yang baru diambil alih akhir November 2020 lalu. Hotel Westin ini juga dilengkapi dengan Grand Ballroom dan Convention Center seluas 9.300 meter persegi yang dapat menampung hingga 3.100 tamu. Direktur Pakuwon Permai, Fenny mengatakan, total nilai konstruksi (di luar tanah) Westin Hotel ini sebesar Rp 650 miliar.

Dengan beroperasinya Hotel Westin dan bersamaan dengan pengambilalihan Marriott Yogyakarta, maka porsi revenue hotel diperkirakan akan naik menjadi 20% di tahun 2021. Per akhir 2019, posisi porsi revenue hotel masih berada di level 19 persen. Kehadiran Westin Hotel ini akan semakin memperkuat basis recurring income Pakuwon Jati.