Gempa bumi berkekuatan 7,1 magnitudo mengguncang Sulawesi Utara pada Kamis (21/01/2021) pukul 20.23 WITA. Menurut rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Diketahui, guncangan gempa bumi ini berada di kedalaman 154 km.

#Gempa Mag:7.1, 21/01/2021 19:23:07 (Pusat gempa di laut 134 km TimurLaut MELONGUANE), Kedlmn:154 Km Dirasakan (MMI) IV Melonguane, IV Tahuna, IV Ondong, III Manado, III Bitung, II Bolaang Uki, II III Gorontalo, II III Halmahera Utara, II III Galela," tulis BMKG dalam cuitannya pada Kamis (21/1/2021). Sementara, lokasi titik gempa bumi berada di 134 km Timur Laut MELONGUANE SULUT. BMKG menyebut jika gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Namun, pihaknya menyarankan agar masyarakat tetap berhati hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. Pelaksanaan Rapat pleno terbuka penetapan paslon Walikota dan Wakil Wali Kota Bitung, Sulawesi Utara pada Kamis (21/1/2021) malam seketika menjadi gaduh. Jelang kata kata sambutan Deslie Sumampouw Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bitung, gempa bumi terjadi.

Gempa yang terasa hingga lantai 8 Hotel Feve Bitung, tempat terjadinya rapat, membuat para peserta dan tamu undangan langsung berdiri dari tempat duduk. Termasuk pasangan Ir Maurits Mantiri MM dan Hengky Honandar SE, Wali kota dan Wakil Wali kota Bitung terpilih hasil Pilkada serentak 2021. “Aduh tanah goyang, kuat skali dapa rasa (Aduh tanahnya bergerak, terasa kuat sekali),” ujar satu di antara peseta dan tamu undangan rapat, dikutip dari .

Menurut penuturan mereka, gempa terasa hingga dua kali di lantai 8 hotel berbintang pertama di Kota Bitung itu. Kemudian para tamu undangan langsung di arahkan untuk turun ke bawah melalui tangga darurat. “Jangan panik, silakan lewat tangga darutat,” ujar petugas hotel.

Saat berita ini ditayangkan, sebagian besar peserta dan tamu undangan sudah berada di luar gedung hotel. Sementara, komisioner KPU Bitung, beberapa petugas keamanan, dan komisioner Bawaslu sudah turun ke halaman parkir hotel. Pemandu acara pun langsung mengentikan sementara jalannya rapat pleno.

Lewat pesan berantai, BMKG membenarkan terkait adanya gempa bumi yang terjadi.