Indonesia merupakan negara maritim besar yang memiliki banyak pulau dan pantai sebagai kawasan yang strategis di wilayah khatulistiwa. Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Prof. Henri Subiakto menyatakan, generasi muda memegang peranan penting untuk menjaga kedaulatan maritim nusantara yang memiliki kekayaan laut yang melimpah. "Generasi muda menjadi pilar penting ikut menjaga kedaulatan maritim," ujar dia dalam Webinar Forum Diskusi Publik dengan tema ”Peran Generasi Muda Dalam Menjaga Kedaulatan Maritim Indonesia", yang diselenggarakan Ditjen IKP Kemkominfo RI, Kamis (3/12/2020).

Menurut dia, kaum milenial harus memberikan perhatian dengan ikut mengawasi, mencintai, empati dan mendukung usaha usaha dunia maritim. Hal ini bisa dilakukan dengan terus mempelajari secara mendalam seluk beluk sektor maritim. Berbekal kedaulatan maritim, tegas dia, Indonesia optimis akan mampu mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai bangsa maritim yang besar dan disegani bangsa lain di dunia.

Selain itu, generasi muda pun dapat mencari peluang yang ada untuk memajukan sektor maritim sesuai dengan revolusi industri 4.0 terkait potensi ekonomi maritim baik perdagangan, perikanan, olah raga hingga pariwisata. Seperti diketahui, pariwisata menjadi salah satu sumber penghasilan negara yang menjanjikan, termasuk sektor pariwisata bahari. Kekayaan yang ada tentunya akan lebih besar apabila terus dikembangkan. Hal ini pastinya dibutuhkan kerjasama yang baik dari berbagai pihak. Baik itu pemerintah, infrastruktur dan masyarakat sendiri, dalam hal ini adalah para generasi muda.

Henri menyatakan, salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan generasi muda adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk memperkenalkan wisata bahari di Indonesia. "Misalnya teman teman ayuk jadi traveler dengan memperkenalkan wisata laut di wilayah kita melalui vlog dan sebagainya untuk memperkenalkan kemaritiman kita," kata dia. Selain itu, generasi muda pun bisa ikut mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai dan laut.

"Kita anak muda dengan media sosial bisa menggalang dan mengajak untuk menjaga kebersihan pantai dan laut jangan sampai ada sampah sampah. Hal sederhana itu bisa kita lakukan," papar dia. Turut tampil sebagai pembicara pada webinar ini yakni, Anggota Komisi I DPR RI, Hillary Brigitta Lasut dan Waketum PP GP Ansor, Moh. Haerul Amri.