Siapa, sih, yang tidak mengenal Instagram? Aplikasi untuk mengunggah berbagai momen berita berupa foto dan video ini telah digunakan oleh sekitar 1 miliar orang dari berbagai penjuru dunia. Dari 1 miliar pengguna, Indonesia menyumbang kurang lebih 85 juta orang yang aktif di Instagram. Jumlah pengguna yang fantastis itu menunjukkan bahwa fiturbaru Instagram adalah salah satu media sosial yang banyakdiminati.

Demi meningkatkankepuasan para pengguna, Instagram terusberinovasidenganmengembangkanberbagaifiturmenarik. Baru-baruini, media sosial yang telahberdirisejaktahun 2010 itumenambahkanfiturInstagram Reels”.

Apa Fitur Baru Instagram?

 Sebenarnya, fitur Reels sudah mulai diperkenalkan awal Agustus 2020, tetapi baru rilis di Indonesia pada Rabu, 13 Juni 2021. Meskipun baru saja dirilis, tetapi Reels sukses menyedot perhatian warganet.  Pasalnya, fitur ini memiliki banyak kemiripan dengan aplikasi TikTok. Instagram Reels adalah fitur yang memungkinkan para pengguna Instagram untuk merekam dan mengunggah video dengandurasi 15 detik. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan audio, caption, efek, filter, dan masih banyak lagi untuk menambah daya tarik terhadap videomu.

Sayangnya, saat ini kamu hanya bisa merekam video selama 15 detik, tidak seperti TikTok yang memiliki durasi maksimal hingga tiga menit untuk setiap video.

Bagaimana Cara Membuat Reels?

Bagi kamu yang belum tahu cara membuat Reels, simak caranya sebagai berikut.

  1. Klik ikon Reels yang tepatberada di bawah bagian tengah;
  2. Klik ikon kamera di pojok kanan atas;
  3. Kreasikan video dengan menambahkan audio, efek, filter, tata letak, hingga mengatur kecepatan video sesukamu;
  4. Klik opsi “Cuplikan” di sebelah kanan;
  5. Kamu bisa menambahkan stiker, tulisan, ataupun goresan;
  6. Klik opsi “Berikutnya” di pojok kanan bawah;
  7. Tambahkan caption;
  8. Klik “Selanjutnya” dan tunggu proses mengunggah berhasil.

Menarik untuk dinanti bagaimana perkembangan fitur baru ini kedepannya. Meskipun masih memiliki kekurangan, tampaknya Reels akan semakin menarik ke depannya karena melihat respons positif dari para pengguna Instagram. Hal itu bisa dilihat dari tingginya insight dari Reels. Jadi, apakah kamu tertarik mencoba fitur Instagram Reels?

Demikian artikel singkat kali ini, kunjungi situs metro andalas untuk mendapatkan artikel tentang tekno lainnya, semoga bermanfaat.