Tokopedia menghadirkan sederet inovasi digital bagi masyarakat, termasuk pengguna sistem operasi seluler iOS, untuk memberikan nilai tambah dalam memenuhi kebutuhan harian. Inovasi digital yang dihasilkan tidak lepas dari peran talenta digital muda Indonesia. Tonito, Head of Engineering Tokopedia, merupakan salah satu software engineer yang terlibat sejak pengembangan tahap awal aplikasi iOS Tokopedia. Sejumlah inovasi yang Tonito hadirkan Tonito bersama 50 iOS engineers di Tokopedia antara lain fitur NFC di iPhone yang memungkinkan pengguna iOS Tokopedia melakukan pengecekan, top up hingga update saldo kartu uang elektronik langsung dari perangkat pribadi secara mudah dan cepat.

Inovasi lainnya adalah Dark Mode dan kini lebih dari 90% halaman Tokopedia telah dikonversi menjadi dark mode. Fitur ini dapat lebih memanjakan mata pengguna saat menggunakan aplikasi Tokopedia terutama di malam hari sekaligus membantu menghemat daya. Inovasi lainnya adalah di Apple Watch yang memungkinkan masyarakat mengakses aplikasi Tokopedia langsung dari Apple Watch. Antara lain untuk mencari produk, memantau status pembelian, mengecek notifikasi hingga kemudahan membuka aplikasi Tokopedia melalui fitur ‘Buka di HP’.

Berikutnya adalah widget Tokopedia di iOS 14 yang menawarkan berbagai kemudahan, yang bisa dirasakan langsung oleh pengguna dari homepage tanpa harus membuka aplikasi Tokopedia. Misalnya dalam memantau transaksi atau berkomunikasi dengan penjual maupun pembeli. Content Creator, Entrepreneur sekaligus Investor, Ario Pratomo menilai perkembangan iOS di Indonesia yang semakin hari semakin kuat. Hal ini terlihat dari penjualan produk Apple yang semakin meningkat yang menandakan tingginya permintaan akan produk Apple di pasar.

“Developer Tokopedia di sisi lain sangat tanggap dalam beradaptasi dengan perkembangan pesat yang ada di iOS. Misalnya, pemanfaatan widget pada iOS terbaru yang sangat memudahkan pengguna, seperti saya, dalam bertransaksi,” ujar Ario.