Jika Anda pernah melakukan umroh atau plesiran ke negara di Timur Tengah, pasti tidak asing dengan menu yang terbuat dari roti pita. Roti dengan bentuk pipih yang memiliki rongga di bagian tengah telah menjadi salah satu makanan pokok masyarakat Timur Tengah sejak masa lampau. Ingin membuat kebab, hummus atau panganan khas Timur Tengah lain, gunakan bahan membuat roti yang berkualitas, ya!

Fakta unik seputar roti pita

Anda mungkin tipe orang yang tidak sempat membuat roti pita sendiri, maka bisa membeli dalam bentuk yang siap saji. Jauh lebih praktis dan hemat, bukan? Sebelum memilih pita bread favorit, ketahui beberapa fakta unik seputar roti khas Timur Tengah ini, yuk!

1.     Telah ada sejak 4000 tahun lalu

Umur si roti dipercaya telah ada sejak masa sebelum masehi atau menjadi makanan pokok rakyat Timur Tengah dan Mediterania sejak 4000 tahun lalu.

2.     Pocket bread

Dikenal dengan nama roti kantung sebab bisa dilipat menyerupai kantung yang bisa diisi varian menu lain, misalnya daging atau sayuran.

3.     Asal usul roti

Dipercaya suku yang tinggal di kawasan Mediterania Barat seperti Amorites dan Bedouins merupakan orang-orang yang membuat roti ini pertama kali. Biasanya roti dibawa selama mereka melakukan perjalanan jauh menempuh gurun.

4.     Bisa dinikmati dengan bahan sederhana

Keunikan roti ini bisa dinikmati dengan berbagai cara baik diisi varian daging atau sayuran saja. Penyajian yang simpel dan sederhana membuat roti cukup populer dan bertahan hingga sekarang sampai ke negara-negara maju seperti Amerika.

5.     Mengandung serat tinggi

Jenis roti berongga ini lebih sehat sebab terbuat dari gandum yang menjadi sumber serat dan protein. Kalori yang diberikan juga lebih kecil dibandingkan dengan jenis roti lain sehingga cocok menjadi menu diet Anda setiap hari.

Dari beberapa fakta mengenai roti pita di atas, Anda bisa menjadikan roti khas Timur Tengah dan Mediterania ini menjadi menu harian. Mau dikombinasikan menjadi panganan lain yang tak kalah sehat, sah-sah saja. Cairo Food adalah produsen pita bread sejak tahun 2013 yang telah menyuplai banyak restoran dan kafe yang menyediakan sandwich, hummus, kebab, dan lain-lain. Tersedia berbagai varian rasa dengan ukuran yang bisa disesuaikan dengan permintaan pelanggan, kok.

 

Sumber

https://umroh.com/blog/roti-pita-makanan-pokok-sederhana-khas-timur-tengah/