Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meninjau posko pengungsian di Lewoleba, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (6/5/2021). Lewat foto yang dibagikan oleh Humas BNPB, Doni Monardo yang tampak mengenakan rompi berwarna orange meninjau lokasi pengungsian. Protokol kesehatan juga diterpakan dengan menggunakan masker berwarna putih.

Tak hanya itu, Doni juga meninjau dapur umum di lokasi pengungsian itu. Ia ingin memastikan bahwa kebutuhan para pengungsi bisa terpenuhi.' Nampak pula dalam foto lainnya, sejumlah relawan tampak bertugas membersihkan dan memotong sayur yang akan dimasak. Selain itu, beberapa relawan lainnya bertugas memasak di bawah tenda.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan, pihaknya telah membangun dapur lapangan untuk menyediakan logistik bagi korban bencana banjir bandang di NTT. Raditya mengatakan, data yang diterima hingga Senin (5/4/2021), dapur lapangan telah dibangun di 4 kabupaten/kota di NTT. Tentunya, dapur lapangan juga akan segera dibangun di kabupaten yang terdampak bencana.

Selain itu, TNI juga telah membangun dapur lapangan di 20 titik lokasi. 1. Kabupatan Timur Tengah Utara (TTU). (2 titik) Kantor Kelurahan Benpasi Desa Maubali 2. Kabupaten Flores Timur (4 titik) SD Desa NalelamaWangi Kantor Kelurahan Waiwerang Kantor Desa Lama Hora Kantor Camat Lie Ape

3. Kabupaten Malaka (4 titik) Gereja Katolik Betun Pasar Lama Betu Koramil Betun Susteran Betun 4. Kabupaten Bima (10 titik) Kantor Kecamatan Monta Kantor Koramil Woga Desa Pella Kec. Monta Desa Baralau Kec. Monta Desa Simpadai Kec. Monta Desa Sakuru Kec. Monta Desa Tie Kec. Monta Desa Tangga Kec. Monta Rumah Camat Kab. Bolo Rumah KUPT Kec. Madapangga